#218: idih, engga sopan deh kamu?

Malam ini kang andi kaget. Ceritanya gini, pas cek ada yang masuk dari mesin pencari dengan keyword “mencegah add ke group” iseng ah coba jajal di mesin pencari pake keyword tersebut. wow, ternyata ada di urutan pertama, pantas aja.

 

ada di posisi pertama

Nah penasaran tiba-tiba timbul pada urutan ke dua. kok judulnya sama tapi dari link berbeda. Diklik ternyata ada di sebuah website berbasis katalog toh. Oh ternyata ada yang masukan RSS blog ini tampaknya. padahal perasaan engga pernah didaftarkan di website tersebut.

Eit, tapi tunggu dulu….

Kok kang andi merasa ada kejanggalan ya?

 

tidak ada link balik (klik gambar untuk meluncur ke TKP)

Waduh, ternyata engga ada link sama sekali ke blog kang andi dan ada tulisan kang andi dari blogerbenteng.com. Beruntung bisa melacak si empu web tersebut. Buat kasih sedikit colekan sambil sekalian mo bilang “idih engga sopan dech kamu?”

Sebenarnya engga masalah sih tapi alangkah baiknya jika sedikitnya mengerti hukum rimba blogosphere padahal diblognya ada gambar copyscape.

 

logo copyscape itu untuk apa ya?

“hmm…” lain kali ada beginian, sekalian aja kang andi kirimin utusan mince buat godain :mrgreen:

 

Iklan

20 thoughts on “#218: idih, engga sopan deh kamu?

  1. Iya, digodain saja Kang 🙂 – saya juga kadang usil begitu, he he… Tapi sejak saya bubuhi tanda tanda digital yang disertivikasi, rasanya jarang ada lagi kasus begitu – hmm…, tapi memang sih tulisan saya ndak ada bagusnya sampai mesti dijiplak :lol:.

    • sebenarnya kasusnya diatas bukan 100% dijiplak sih. cuma diambil RSSnya terlebih memang ada nama penulisnya di sana. kalo dilihat sebagai katalog ok. semacam lintas berita, blog-indonesia, BlogCatalog dll. Cuma sayangnya engga ada sama sekali link balik ke blognya.

      Beda lagi kalo mengutip ataupun menjiplak mentah-mentah tanpa sumber. itu baru 100% pencurian. tapi selama bukan untuk komersil kang andi oke-oke aja.

      Ini cuma sekedar pelajaran aja buat kita-kita semua. apalagi buat yang baru mulai ngeblog. jadi kita ambil hikmahnya aja.

      Supaya tidak disalah artikan. Sebaiknya jangan langsung memvonis hal seperti ini salah. mungkin cuma ketidaktahuan atau kehilapan. ada baiknya kita coba kasih pengertian pelan-pelan.

      Anggap aja sekalian ini sebagai review dan sekalian kasih masukan. 🙂

  2. aihihihi
    sindir terus aja mas.. saya dah berkali-kali kena.. apalagi memanfaatkan rss feed. makanya sekarang saya set summary bukan full content lagi..
    ya sedikit mencegah

  3. Sangat disayangkan sekali ya jika ada orang yang tidak mengerti tentang etika dalam menulis di blog. Seharusnya jika ingin mengcopy, maka alangkah baiknya disertakan link sebagai rujukan awal. Kejadian semacam ini sudah sering terjadi, namun tidak pernah ada penyelesaiannya

  4. Ambil hikmahnya aja kang. Mungkin tulisan akang udah terlalu bagus sehingga dia tertarik dan suka. Tapi kali aja dia lupa ngasih linknya,,

    Kalo aq sih, enjoy aja, soalnya tulisan aq biasa aja,, 😀

  5. wah wah wah, ada yang karyanya di plagiat ya? ehehhehehemmmm

    Tapi nama penulis masih dicantumkan ya? berarti nyolongnya 50% aja yah?

    untung saya nggak punya hoby mengcopas tulisan orang laen…

    mungkin karena tingkat narsis tinggi ya?

    hohohoho… senang banget kalo tulisan yang ada di blog kita semuanya adalah tulisan pribadi…

    ngomong-ngomong nampilin halaman di dalam postingan tuh gimana ya? halaman gugel dan blog yang dicapture tuh… aduh gimana ya bahasanya… nggak paham juga sayah… pokoknya gambar yang ada di postingan gitu…

    • apalagi kang andi malah bingung menangkap bahasanya :mrgreen:

      dagdigdug itu kalo engga salah megunakan wordpress sebagai mesinnya. coba aja cari tutorial masukin gambar tentang wordpress di gugel.

      kalo masalah ngambil shoot gambar di layar. Itu sih pake tombol print screen di keyboard.terus pastekan di ‘softwere edit gambar’ kayak paint, photoshop dan lainnya

  6. sama dong. banyak juga yang copas tulisan saya. hehehe. tapi saya nggak ambil pusing. seleksi alam akan berlaku. siapa yang blogger beneran siapa yang blogger kampungan. hahaha…

  7. Ping-balik: Tweets that mention #218: idih, engga sopan deh kamu? « Personal Daily -- Topsy.com

  8. Akhiryaaaa…. nemu temen juga disini 😀
    Jujur, saya bingung harus bagaimana, masalahnya kasusnya sama persis dan blognya juga yang itu. Kalau kemarin masih ada link yang mengarah ke blog saya, tapi tadi tak lihat cuma alamat blog dan alamat posting yang tertulis.
    Saya nggak merasa mendaftarkan blog saya pada blog tersebut, tapi kenapa tulisan-tulisan saya nangkring pada blog tersebut. Sampai sekarang saya belum mengambil tindakan apa-apa, karena masih bingung, sebenarnya dengan begitu saya diuntungkan atau dirugikan? (kalau saya sih merasa rugi, susah2 nulis kok, tinggal ambil RSS aja dan muncul postingn otomatis :mrgreen: )
    Kalau boleh tahu, apa yang Mas Andi lakukan dengan kejadian ini? apa suruh hapus RSS blog ini dari blog tersebut?
    Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s