#212: Kopdar sambil sharing bisnis

Sesuai janji kang andi yang akan menceritakan acara kopdar kemarin. Minggu, 5 Desember 2010 di kediaman Ibu Sulis, ada baiknya kang andi menceritakan sedikit tentang profil Ibu Sulis dan Bpk. Susanto, suaminya.

Ibu Sulistyawati adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang awalnya adalah seorang karyawan biasa. Namun di sela kesibukannya itu, Beliau bersama Bpk, Susanto, suaminya. ketika saat liburan seperti hari minggu, contohnya. Mereka berdagang keliling entah itu aksesoris maupun lainnya. Seiring waktu Ibu Sulis keluar dari pekerjaannya. Nah, di situlah awal mulainya perjalanan bisnis beliau. Dalam perjalanan yang berliku, hingga akhirnya beliau menemukan suatu bisnis di bidang Usaha/Bisnis Makanan Fast Food yang kemudian beliau namakan Luky Crepes. Dengan kegigihan beliau akhirnya Lucky Crepes yang awalnya hanya dari sebuah gerobak kini menjadi Francise/warlaba yang memiliki puluhan outlet di seluruh tanah air. Semakin berkembang bisnisnya akhirnya lahir pula Francise Ulir Kriuk dan bisnis-bisnis lainnya.

Bukan cuma itu beliau dan suaminya juga membagi ilmunya untuk para ibu-ibu rumah tangga dengan menerbitkan beberapa buku seperti “bunda luar biasa”, “101 ide bisnis tanpa kantor” dan lainnya.

Nah, pada kesempatan kopdar kali ini. Kita mengadakan acara sharing pengalaman bisnis dengan Ibu sulis dan suaminya sebagai narasumber. Kebetulan suaminya Om susanto adalah salah satu anggota KBBC, jadi kita gali dulu potensi yang ada di anggota.

Adapun yang hadir adalah kang andi, payjo, zanu, om agus, om hermawan, begenk dan Rizki. Laporan singkat dari zanu bisa dibaca di blogerbenteng.com pada artikel Kopdar Sharing “Bagaimana Memulai Bisnis”

Blogger yang aktif bertanya hanya beberapa, sisanya cuma nyimak, padahal kang andi engga tahu di balik diamnya apakah belum paham atau apa? bahkan Rizki yang ketika acara cuma diam pas selesai acara di jalan malah bingung dan bertanya ini itu sama kang andi padahal kenapa engga tanya langsung ke orangnya. Alasannya engga baca bukunya? Lah acaranya sharing pengalaman bukan bedah buku atau seminar yang harus ada materi dulu, jadi kita harus aktif bertanya dan menggali sedalam-dalamnya dari narasumber.

Klik gambar untuk melihat secara slide show

Baiklah, sekarang kang andi akan bercerita point-point yang kang andi dapat di sana. Walaupun engga bawa alat tulis akan dicoba se’ingetnya dari hasil tanya jawab yang ada dan supaya mempermudah kang andi buat dengan list, karena kalo diperinci engga akan cukup. bisa setebal buku penjabarannya :mrgreen:

Bagaimana memulai bisnis?

  1. Bermula dari apa yang kita minati
  2. Meng-create sesuatu yang baru dan unik
  3. Fokus pada satu bisnis

“Berdagang itu bukan bisnis” orang yang pintar menjual belum tentu seorang pembisnis tapi orang yang bisa menciptakan bisnis itu sendiri adalah pembisnis sejati

Langkah awal memulai bisnis?

  1. Konsep
  2. Finansial planning
  3. Partnership

“kegagalan utama suatu bisnis umumnya karena kurang pintar dalam mengelola cashflow keuangan”

Hambatan dalam berbisnis?

  1. Mindset yang salah
  2. Mental zona aman
  3. Tidak adanya persiapan

“ketakutan saat keluar dari pekerjaan ataupun saat awal merintis adalah takut tidak terpenuhinya kebutuhan kesehariannya, padahal dia belum memulai sama sekali”

Yup, kurang lebih apa yang kang andi jabarkan di atas setidaknya apa yang dapat kang andi sampaikan dan garis bawahi dari obrolan sharing kemarin. Pesan terakhir, Jangan tunggu sampai mau bisnis dengan satu jurus alternatif “The Power Of kepepet” kesiapan finansial management harus di mulai dari sekarang di kala kita masih bekerja atau berada di zona aman.

“hmmm…” hitung berhitung pantas aja tekor, selama ini gaji engga berada di level aman, tapi malah ngebul sama rokok dan jajan. :mrgreen:

Iklan

20 thoughts on “#212: Kopdar sambil sharing bisnis

  1. Semoga kedepannya Indonesia semakin mandiri dan bisa maju sebab banyak masyarakatnya yang sadar tentang pentingnya berbisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan ketimbang hanya mengandalkan lapangan pekerjaan yang kian terbatas…

  2. Kalo berbisnis sendiri itu harus berana mengahapi resiko. 🙂
    Harus berani rugi juga, karena bisnis ga selamanya menguntungkan. 😉

  3. Wah.. saya pengen sekali kopdar – kopdar seperti ini. hehehe..

    Saya gak pernah ketemu dan diskusi secara langsung dengan beberapa orang yang saya jadikan motivasi. Tapi setidaknya saya sudah pernah berdiskusi online.

    memang suatu hal yang menyenangkan jika bertemu dengan orang yang kita idolakan, walaupun tidak bertemu secara langsung pun rasanya sudah luar biasa. hehehe

    Salam, Danu Akbar.

  4. Rizki memang merasa nggak nyambung karena belum baca buku Bu Sulis. Mau baca yang mana? Bunda Luar Biasa? Emang Rizki mau jadi bunda? Atau, 101 Ide Bisnis Tanpa Kantor untuk Wanita. Apa Rizki itu wanita?

    Hihihi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s