#5 : Test jaringan internet Telkomsel Flash dari bluetooth

Untitled picture Hari ini kebetulan baru beli handset bluetooth biasa buat PC. Soalnya mau upload Photo dari hape Nokia 2600c ke PC. Di pikir-pikir dari pada beli kabel data mendingan beli bluetooth ajalah karena bisa di gunakan pada hanset mobile manapun selama punya koneksi bluetooth.

Nah, iseng-iseng mau test koneksi Telkomsel Flash. secara langsung ah. Tanpa basa-basi saya registrasi dulu paket Flash yang 1 MB seharga Rp.1000 dulu, ya namanya juga cuma ngetest doang. 😀 Oke sebelumnya saya coba cari-cari dulu informasi tentang cara seting Telkomsel Flash di PC dan lainya dari paman google via modem Smart D1200P. Akhirnya dimulailah eksperimen testing Telkomsel.

Tahap pertama yang harus di lakukan terlebih dahulu:

  • Mengoneksikan Mobile dan PC melalui bluetooth dari softwere bawaan bluetooth. (Tentunya setelah menginstal driver bluetooth dari CD paket pembelian)
  • Setting APN di handset ponsel dengan pilihan “flash” untuk pilhan time based (waktu) atau “internet” untuk pilihan volume based (perKByte).
  • Pada softwere pilih menu bluetooth dial-up networking service sehingga muncul dial-up dari window untuk mengkonfirmasi username dan password. Saya langsung dial dengan mengosongkan username dan passwordnya. jadi kosongkan saja ya.
  • Akhirnya terkoneksilah jaringan internet. kalo gagal berarti ada yang belum lengkap pada point-point di atas.

ket:

Jika kita memilih APN dengan pilihan “flash” ( time based ) maka halaman yang akan terbuka pertama kali adalah website dari telkomsel untuk memilih jenis paket. Di situ ada Pay as go ( Rp.350/menit), Paket akses dan Paket bulanan  setelah kita memilih lalu muncul halaman billing yang akan menghitung waktu koneksi kita, mirip-mirip billing di warnet. Sebaiknya jangan tutup halaman tersebut.

Namun jika kita memilih pilihan “internet” (volume based) maka kita akan langsung terhubung. Apabila telah Registrasi paket flash maka tarifnya Rp.1/kb setelah jumlah Kbyte habis (ceknya *889#) tapi kalo belum Registrasi maka langsung kena tarif Rp.25/kb. Makanya hati-hati cek dulu 😀 nanti tekor.

Hasilnya:

  • Pilihan time based (pay as go): Susah koneksi malah boleh di bilang gagal terus pada saat membuka facebook, twitter dan blog ini namun time billing jalan terus. saya bertahan sampai 5 menit aja dengan kerugian Rp.1400 dengan sia-sia 😀
  • Pilihan volume based (1 MB): Langsung terkoneksi dengan baik. Adapun kecepatannya dengan mengunakan tune up utilities 2010 terlihat kecepatannya hanya 3 s/d 6 Kbps. (Lumayan di bandingkan smart yang hanya 2 s/d 4 Kbps) namun sayangnya sambil memonitor pula di status koneksi ternyata 1 MB hanya sebentar. ya, tergantung jumlah data dari situs yang kita buka.

Kesimpulannya:

Paket volume based lebih baik dari paket pay as go. Namun paket volume based flash masih terbilang terlalu mahal di banding provider CDMA seperti smart, Sekalipun ada paket unlimited prabayar; yang ini saya belum nyoba. Bedanya 2 kali lipat. Sedangkan mengenai kecepatan, rata-rata lebih unggul sedikit di banding CDMA, enggak beda jauhlah. Tergantung jaringan wilayah juga kayaknya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s