blogwalking dan berbagi komentar

Sudah bukan rahasia umum lagi, untuk para newbie. Hal wajib dalam blogging adalah membangun sebuah komunikasi dengan sistem blogwalking antar bloger. amat melelahkan memang tapi memang itu sudah hukum alam di blogosphere. mau tidak mau, kita harus mengikutinya. kalo tidak mau di bilang sombong. sama persis dengan real world.

Selain itu umumnya blogwalking dan komentar, sama halnya seperti pasangan gula dan semut. Di mana ada gula di situ ada semut. jika salah satunya tidak ada, maka seperti tidak ada kehidupan. betul tidak? karena biasanya untuk newbie yang baru memulai blogging, satu hal yang di tunggu adalah komentar dari pengunjung blognya (pengalaman pribadi) namun sejalan waktu ternyata semua itu hanya membuat kita terpasung dalam mindset yang keliru, yang hanya membuat kita semakin lama semakin kehilangan semangat tatkala blog kita sepi pengunjung.

so, ingat! komentar datang bilamana kita rajin blogwalking dan rajin berbagi komentar.

memang kita bisa menggunakan tehnik SEO untuk mengalirkan pengunjung dari search engine. namun seberapa persenkah tingkat keunikan content kita? tentu ini tidak berlaku bagi bloger yang memang jago menulis, itu pengecualian. terlepas dengan motif apa para pengunjung datang ke blog kita setelah blognya kita kunjungi dan kita komentari, itu tidak penting. yang terpenting adalah bagaimana membangun sebuah komunikasi di blogosphere.

lalu bagaimana dengan pengunjung yang datang tapi tidak memberikan komentarnya?

ini menurut kamu siapa yang rugi? pemilik blog apa pengunjungnya? 🙂 siapa hayo… pengunjungnyalah karena kita tidak bisa berkomunikasi dengan sang pengunjung gelap ini. walah! jangan tersinggung dulu. kita tentunya harus berbaik sangka donk. mungkin pengunjung tersebut datang karena tidak atau tersesat, jadi cuma lewat sebentar lalu pergi lagi dan bisa juga mereka mengamati hasil tulisan kita dan bingung mau bilang apa karena begitu mempesonanya tulisan kita sampai takut merusak keindahannya. 😀 hehe. jadi jangan bersedih.

Teruslah menulis dan tetap bersemangat.

Iklan

7 thoughts on “blogwalking dan berbagi komentar

  1. Ping-balik: #164: Follow up setiap pengunjungmu « Personal Daily

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s