Jangan terlalu berharap banyak pada obama

Saat pidato perdananya menjabat presiden AS, betapa kecewanya rasa ini karena obama tidak sedikit pun membahas tentang tragedi GAZA. Apakah dia tidak bisa melihat tentang apa yang di tunggu – tunggu oleh dunia pada pidato perdananya? Entahlah, mungkin pidato itu segaja di buat global dan umum sehingga tidak memihak pada pihak mana pun?

Saat tadi menyaksikan pernyataannya di media tentang dukungannya terhadap israel. Sebuah kekecewaan hadir kembali dalam relung ini. AS tetaplah AS. Sahabat terbaik israel, jangan pernah berharap pada obama. Sekalipun obama baik di mata kita, namun lihatlah sekelilingnya yang berada di belakang obama?

Saya melihat AS adalah negara adikuasa yang memiliki ambisius tinggi untuk menguasai negara-negara lain terutama negara penghasil sumber energi. Di sini bukanlah AS secara luas. Tapi pemerintahan yang berkuasa di AS. Karena jika warga sipilnya sama saja seperti kita, hanya warga negara yang hidup di bawah pemerintahan.

AS pun dengan tegas mengatakan pada pidato obama saat pelantikan. Intinya “siapa yang berani melawan kami, maka kami akan melawan kalian” (lupa kata demi katanya ; mohon direvisi ; Entah siapa yang merangkum pidatonya) ini menunjukan sebuah egoisme bangsa terkuat, lalu apa bedanya AS dengan israel yang menyerang GAZA. Bahkan PBB pun tidak berdaya seakan tidak berfungsi.

Di sini saya tidak memvonis atau menyimpulkan, hanya sekedar berbagi opini yang sedang ada dalam pikiran saya. Nah, bagaimana menurut opini kalian?

Iklan

4 thoughts on “Jangan terlalu berharap banyak pada obama

  1. Yup..baru pemimpin lokal aja yg jelas2 sebangsa, tak mampu membuat banyak perubahan bagi kita. apalagi seorang Obama.

  2. Iya, saya juga melihat tuh waktu Obama Pidato tanpa menyebutkan Palestina.

    Tapi…di ambil dari sisi Obama sebagai presiden Amerika dimana bangsa amerika juga sangat bergantung pada kepemimpinannya.

    Bila Obama terlihat “lemah” di pidato-nya maka akan jadi boomerang juga buat posisinya sebagai presiden AS.

    Jadi, saya yakin kok didalam hatinya pasti ingin sekali menyebutkan issue tentang Palestina.

    Bisa di katakan “Bagai Makan Buah Simalakama”

    bila terlalu condong ke Timur politik dalam negerinya akan hancur (red.lemah), tetapi kalau terlihat “kuat” (Red.seperti pidatonya pada saat inagurasi) maka DUNIA-pun mengkritiknya.

    Mungkin saja, Obama berkata menganut “Sayang tidak perlu di ucapkan tetapi melakukan tindakan”

    semoga Teman-teman bersabar atas “pidato” politik Obama, dan kita lihat saja kedepannya.

    Tjandra Danny
    http://www.TjandraDanny.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s