Browsing Via wap

Biasanya saya blogwalking dengan brower wap.2 bawaan nokia 3220 yang cuma bisa buka halaman xHTML. Sebagian tentunya ada yang tahu, jika kita ingin membuka langsung halaman website berformat HTML dari ponsel tersebut, jelas-jelas tidak bisa. hasilnya pasti begini :

1. Tampilan akan semberaut
jangan berharap akan melihat template blog. Halaman blog pun akan melebar dan tidak sebanding dengan layar ponsel kita

2. Berat ketika louding data
pasti lama menampilkan halaman. Ujung-ujungnya “cape dech” pulsa tekor GePeRs molor

cara solusinya ada banyak sebenarnya. Tapi saat ini sebagai pembuka saya mulai dari jalur http://wap.google.com atau http://m.google.com. Oke!Ā  Kalo langsung masukan suatu alamat situs atau website di brower bawaan nokia tidak bisa. So, bila saya mau browsing ke suatu alamat. saya googling dulu, pada menu searching / pencariannya dengan alamat yang kita tuju, misalnya blogerbenteng.com, mypagerank.net, andhies85.wordpress.com dan lain-lain. Nah di situlah saya biasa obrak-abrik blog yang ada, tentunya dengan fasilitas seadanya cuma teks only. Karena gambarnya tidak saya tampilkan agar proses louding cepet. Maklum gprs sering lemot!

Cara ini alternatif buat ponsel yang tidak bisa pasang opera mini atau jika situs tidak memiliki alamat versi mobilenya. sedikit kuno dan ketinggalan jauh sich tapi engga ada salahnya, yang jelas kita bisa browsing. khan banyak juga di luar sana yang belum mengerti internet, setidaknya cara ini bisa mengedukasi mereka tentang internet dengan handset atau perangkat yang mampu di miliki oleh siapa pun di bandingkan PDA atau perangkat yang sudah menganut 3G

kayaknya udah kepanjangan, nanti saya coba kupas lagi tentang browsing via wap satu persatu sekalian sharing pengalaman. šŸ™‚

16 thoughts on “Browsing Via wap

  1. Ya sih…browsing lewat hp emang penuh keterbatasan.hpku aja SE type k810i dibandrol dngn harga di atas 2jt,browsernya masih net front versi lawas,jd ga jauh lah ma nokia 3230,sama sama cuma bisa nampilin halaman xHTML. ,tapi itu bisa disiasati lewat opera mini v.4.0 atau versi diatasnya.Opera mini bisa nampilin halaman dlm format HTML,ya hampir perfect kayak di PC.kalo GPRS,q pakenya indosat,kan cuma rp.1/kb,n dijamin lbih cpt dr operator lain.(promosi)he!;-)

  2. paling enak memang pake opera mini atau coba pake ucweb, kalau browser bawaan memang biasanya banyak keterbatasan, kalau hape motorola jadul saya, browser bawaannya buat buka google aja susah šŸ˜›

  3. Ping-balik: wordpress.com via Handphone xHTML (part 1) « andi sakab journey

  4. @ reyzal & harry:
    yup. Memang penuh keterbatasan. Opera mini memang mendominasi para pengguna internet mobile by phone. Tapi karena keterbatasan, saya harus ngeblog dengan fasilitas seadanya. Tapi ada keunikan tersendiri loh. Soalnya sedikit yang mau ngeblog dengan cara seperti saya. šŸ™‚ ngeblog dengan handphone jadul yang murah meriah tanpa opera mini.

  5. XHTML? lah bukannya XHTML itu lebih canggih dari HTML? harusnya browser yg bisa buka XHTML bisa buka HTML juga donk? saya pikir semua website modern sudah pakai XHTML bukan HTML statis yg kuno. wordpress juga kan pakai XHTML(XML+HTML) untuk konten dan CSS untuk layoutnya. jadi harusnya bisa donk mas?

  6. @helmi :
    Kayaknya pengertiannya terbalik dech?
    xHTML adalah singkatan dari extensible hypertext markup launguage, atau biasa di sebut wireless markup launguage (WML) yang merupakan tampilan halaman dari HTML yang di konversi ke dalam sebuah browser ponsel / wireless (kalo engga salah) xHTML bukan =XML+ HTML. Yang ada gini.
    XML = HTML
    WML= xHTML.
    Kalo ada yang lebih paham bisa di jelaskan. Maklum saya juga masih belajar.

  7. coba lihat ini deh:
    http://en.wikipedia.org/wiki/XHTML

    disitu tertulis
    “The Extensible Hypertext Markup Language, or XHTML, is a markup language that has the same depth of expression as HTML, but also conforms to XML syntax.”

    sedangkan WML itu sama2 berbasis XML tapi dipergunakan untuk wireless device.
    o iya XML tidak sama dengan HTML, tapi XHTML adalah HTML yang memiliki tag2 XML. bisa dibilang WML itu XHTML versi mobile.

    referensi resmi bisa dilihat disini:
    http://www.w3.org/TR/xhtml1/

    Correct me if I wrong šŸ˜€

  8. salam kenal …
    saya setuju dengan helmy, sepengetahuan saya :
    xHTML = XML + HTML yaitu HTML tapi dengan aturan penulisan XML,
    xHTML bukannya lebih canggih, tapi lebih ketat aturan penulisan tagnya,
    kao WML = bahasa markup khusus untuk perangkat yang koneksi ke internet lewat WAP (halaman dengan WML tidak sekompleks halaman xHTML dengan CSSnya)
    coba browsing pake opera mini, tampilannya akan seperti di PC, tapi tentunya biaya koneksi akan semakin besar.
    cmiiw.

  9. salam kenal …
    saya setuju dengan helmy, sepengetahuan saya :
    xHTML = XML + HTML yaitu HTML tapi dengan aturan penulisan XML,
    xHTML bukannya lebih canggih, tapi lebih ketat aturan penulisan tagnya,
    kalo WML = bahasa markup khusus untuk perangkat yang koneksi ke internet lewat WAP (halaman dengan WML tidak sekompleks halaman xHTML dengan CSSnya)
    coba browsing pake opera mini, tampilannya akan seperti di PC, tapi tentunya biaya koneksi akan semakin besar.
    cmiiw.

  10. He..he.. šŸ™‚ Setelah saya cek di wikipedia. Memang benar. xHTML adalah XML + HTML.
    Karena ketika awal posting, data saya ambil dari buku panduan nokia 3220 yang terdapat pada kotak paket pembelian. Semua di jelaskan oleh mr. Edward.
    Untuk menghindari kesalahpahaman. Saya update judul artikel ini menjadi ” browsing via wap ” terima kasih atas revisinya.

  11. sama-sama mas, jadinya kita sama2 belajar.
    btw saya tambahkan blog ini ke blogroll saya ya. itung2 tambah temen (syukur2 mau di link balik hehehe) sukses selalu.

    terim kasih

  12. @helmi:
    Terima kasih atas revisinya om helmi. Maf, tadi pas saya cek via web. Commentnya sempet di tahan. Mungkin ada 2 link yang di anggap sistem sebagai spam. Tapi udah saya approve jadi udah tampil. Trima kasih atas kritiknya. šŸ™‚
    @edward :
    udah saya link balik di friendlist saya. Makasih loh om edward šŸ™‚ tadi sempet mampir ke blog om edward dan mas helmi via web. Semuanya Nice blog, templatenya juga oke punya.

    Saya jarang online via web. Jadi jarang lihat langsung tampilan blognya.

  13. Ping-balik: Browser wap alternatif ala wap.google.com « andi sakab journey

  14. gw mo nanya nih, bagaimana ya caranya buka halaman situs yang berformat wml lewat pc, soalnya gw udah coba pake browser apapun tetep aja ga bisa..

Tinggalkan Balasan

